Selasa, 12 Maret 2013

Cara Menscan Gambar, Foto, Dokumen


Canon MP160: Cara scan gambar, foto, Dokumen
Canon MP160 Printer adalah printer yang mempunyai beberapa fungsi. Dengan perangkat printer jenis ini dapat mencetak dokumen seperti Microsoft word, excel, dan juga mencetak setiap gambar yang akan dicetak dengan percetakan berwarna warni. Anda juga dapat menangkap dan menindai gambar, foto, dokumen (fasilitas scan) atau foto anda dan mencetak langsung dari printer ini atau menyimpannya sebagai file gambar seperti jpeg, tiff dan juga gambar bmp atau menyimpannya dalam bentuk pdf.
Berikut ini akan kami paparkan bagaimana cara menangkap atau menindai (scan) gambar, foto atau dokumen dengan menggunakan canon MP160. Pertama, buka program Mp Navigator yang telah diinstal pada computer anda. Anda dapat menjalankan program ini melalui beberapa cara diantaranya melalui start menu atau dengan mengklik ganda shortcut program di desktop. Saya menggunakan Mp Navigator 3.0 seperti pada bawah gambar.
Kemudian klik pada menu open scanner Driver, maka akan membuka menu utama Mp Navigator ScanGear. Pada menu ini terdapat 3 tab utama, pengguna baru sebaiknya gunakanlah modus sederhana. Pada mode ini, ada dua tombol perintah yaitu preview Button dan tombol Scan. Tombol preview digunakan untuk melihat obyek, dokumen, foto atau gambar yang akan di scan yang sebelumnya sudah anda masukkan pada perangkat scan pada printer Canon MP160. Tombol perintah scan digunakan untuk menangkap dan menindai gambar yang anda masukkan pada perangkat printer. Menu utama dari Mp Navigator ScanGear tampak seperti gambar di bawah ini:
Sebelum anda mengklik tombol preview pada menu Scangear, masukkan dulu obyek, gambar atau foto yang ingin anda scan. Sebagai contoh, saya sedang menaruh uang kertas pada perangkat printer saya, kemudian klik tombol preview. Dan hasilnya ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Langkah selanjutnya adalah pemindaian gambar seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Anda hanya cukup mengklik pada tombol perintah scan pada Mp Navigator ScanGear. Setelah mengklik tombol perintah scan, akan tampil prosesscanning gambar yang anda masukkan pada perangkat scan untuk pemindaian gambar, terlihat seperti ini dibawah gambar:
Hanya dalam beberapa menit, program ini akan menampilkan pesan, yang mana, nama file hasil pemindaian gambar. Apakah gambar yang sudah discan ingin anda simpan?
Anda dapat meyimpan file tersebut dengan memilih jeis/tipe file. Da beberapa pilihan dalam menyimpan hasil scan, yaitu sebagai file gambar (jpeg, tiff atau bmp) dan opsi terakhir adalah menyimpan sebagai file pdf. Pilihan terlihat seperti gambar di bawah ini:
Proses pemindaian hamper selesai, anda hanya tinggal penyimpanan hasil scanning yang anda lakukan dengan printer jenis Canon MP160 Printer, dengan parameter file apapun yang anda suka dan proses scan gambar/foto sudah selesai.
Anda dapat membuka hasil scanning gambar. Foto atau dokumen dan menggunakannya untuk setiap saat anda suka seperti upload di friendster, facebook, atau hanya ingin menyimpan nya sebagai koleksi foto, gambar atau dokumen pribadi.

CARA SCAN PADA PRINTER HP DESKJET 1050
Printer HP Deskjet 1050 adalah salah satu seri printer keluaran Hewlett Packard yang terhitung sebagai jenis printer ekonomis pada kelasnya namun memiliki fungsi yang terbilang lengkap. Printer ini selain berfungsi utama untuk mencetak dokumen, juga dapat difungsikan untuk foto copy dan scan.
Pada kesempatan ini saya coba untuk membahas cara scan pada printer               HP deskjet 1050. Sebelum melakukan scan, syarat utama yang harus terpenuhi pada computer/laptop kita adalah driver printer harus sudah terinstall dengan sempurna terutama driver scan HP deskjet 1050. Untuk scan foto, gambar atau tulisan secara umum langkahnya adalah sebagai berikut:
1.       Klik shortcut HP Deskjet 1050 series scan yang ada di desktop.
2.       Program akan terbuka, dengan tampilan sebagai berikut:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar